Friday, January 6, 2017

Biografi : Sammo Hung

Sammo Hung atau dikenal juga dengan nama Hung Kam-bo, adalah artis beladiri, aktor laga, dan juga seorang produser film mandarin yang sangat populer. Lahir pada 7 Januari 1952, Sammo Hung termasuk satu angkatan dengan Jackie Chan dan keduanya cukup sering bermain bersama dalam sebuah film.

Film pertama yang mengangkat nama Sammo Hung dalam belantika film Mandarin adalah Encounters of The Spooky Kind di tahun 1980, yang menceritakan tentang seorang kusir delman miskin bernama Cheung. Istrinya yang tamak berselingkuh dengan juragan kaya dimana Cheung bekerja. Keduanya akhirnya terlibat dalam skandal pembunuhan Cheung menggunakan ilmu hitam. Di film inilah, untuk pertama kalinya, sosok Vampire Melompat dari China yang sangat legendaris itu muncul.

Seperti halnya Jackie Chan, film-film Sammo Hung juga penuh dengan humor yang segar dan sangat menghibur. Selain sebagai aktor, Sammo Hung juga seorang produser film. Waralaba film Mr. Vampire merupakan salah satu serial film yang diproduseri oleh Sammo Hung. 
... ...