Friday, January 6, 2017

Biografi : Jackie Chan

Setelah Bruce Lee, barangkali hanya Jackie Chan, aktor laga mandarin yang popularitasnya begitu mendunia sehingga namanya tercantum di dalam Hollywood Walk of Fame. Jackie merupakan artis bela diri yang memulai karirnya sebagai seorang pemeran pengganti (stuntman).

Lahir pada 7 April 1954 di Hongkong, Jackie Chan memulai karir pertama sebagai aktor laga di film Hand of Death di tahun 1976. Kemudian dilanjutkan dengan bermain di film New Fist of Fury di tahun yang sama dimana Bruce Lee juga bermain di dalamnya.

Namun, barangkali popularitas Jackie Chan di pasar film Asia dimulai dari film Drunken Master di tahun 1978. Dalam Drunken Master, Jackie memerankan tokong Wong Fei Hung, seorang anak yang nakal dari guru bela diri terhormat di daerahnya. Karena nakal, Wong Fei Hung diminta ayahnya berguru pada seorang pendekar bela diri yang sangat piawai bernama Sam Seed. Adegan-adegan perkelahian yang lucu mewarnai film Drunken Master, yang menjadikannya film laga yang sangat menghibur.

Film-film berikutnya seperti Project A, Police Story dan lain-lain sangat sukses di Asia, termasuk Indonesia. Jackie memiliki selera humor yang bagus, sehingga hampir semua film laganya dipenuhi oleh adegan-adegan perkelahian yang lucu, yang karenanya, dia menjadi sangat sukses hingga mencapai Hollywood.

Selain selera humornya yang bagus, faktor lain yang menjadikan Jackie Chan semakin populer adalah, konon, dia tidak pernah melibatkan pemeran pengganti untuk memerankan adegan-adegan yang berbahaya. Tidak banyak aktor yang memiliki perpaduan karakteristik yang lengkap dan sangat menghibur melebihi Jackie Chan.

Di masa lalu, anda pasti menyukai semua film-film Jackie, yang diputar berulang-ulang-ulang kali di stasiun tivi nasional Indonesia (umumnya pada malam hari). Dan saya yakin, sampai detik ini anda masih menyukai film-film Jackie. Juga menyukai pribadi Jackie Chan sebagai seorang aktor yang hebat.
... ...